Thursday 21 June 2012

Buku Minggu Ini

Sehubungan dengan keinginanku menulis untuk anak, minggu ini aku mencoba membaca karya Enid Blyton yang terkenal itu. 

Dulu, aku tidak terlalu menyukai bukunya yang sangat terkenal di Indonesia ; Lima Sekawan. Aku hanya merasa tidak suka dengan peternakan di musim dingin dan aku selalu mendapati buku ini sedang berkisah tentang petualangan lima sekawan di peternakan waktu musim dingin.

Kemarin aku ke toko buku untuk mencari buku Beatrix Potter. Tapi mungkin karena stok yang habis atau apalah, aku tidak menemukannya di rak buku. Akhirnya aku menjelajah rak buku untuk mencari buku Jacqueline Wilson yang juga sudah habis stoknya. Mataku akhirnya tertuju pada sebuah rak yang berisi karya-karya Mrs. Blyton ini. Ada banyak. Lima Sekawan pun ada. Tapi aku lebih tertarik pada buku berjudul "Cewek Paling Badung di Sekolah" dengan sampul hijau dan gambar yang menurutku lucu. Aku membaca sinopsisnya dan kelihatannya sangat menarik. Seperti buku Mrs. Blyton yang lain--berhubung yang kuketahui hanya Lima Sekawan--buku yang satu ini pun juga berseri. Judul lainnya ada "Sekali Lagi Si Paling Badung", "Ini Dia Si Paling Badung", dan "Si Badung Jadi Pengawas".

Aku baru mulai membaca buku yang baru kubeli ini. Kesan pertama? Dialognya sangat bagus, sangat mengalir dengan alami (berhubung aku masih lemah jika membuat dialog, hehehe). Ceritanya bagus, sederhana, tapi tepat sasaran dan tidak bertele-tele. Antara dialog dan narasi, Enid Blyton dapat meramunya menjadi seimbang dan tidak bertele-tele. Aku mulai menyukai gaya bertutur Mrs. Blyton ini (versi terjemahannya dalam bahasa Indonesia pastinya ^^). Berbeda dengan Mrs. Wilson yang kalimatnya sungguh singkat namun padat berisi. Mrs. Wilson tidak menggunakan banyak dialog dalam menuliskan ceritanya. Menurutku Mrs. Wilson lebih bermain ekspresi daripada kalimat panjang (oke, kalian akan mengerti apa yang kumaksud setelah membaca sendiri karya kedua orang ini. . .)

http://www.enidblyton.net/ Ini dia link website Mrs. Blyton. Aku tercengang membaca banyaknya karya yang telah ditulis Mrs. Blyton dengan begitu banyak genre. Waow . . .
  • 186 novels/novelettes
  • 243 character books
  • 896 short story series books
  • 267 education books
  • 192 recreation books
  • 164 continuation books
  • 284 Enid Blyton contributions

No comments:

Post a Comment