Friday 22 June 2012

Pendekatan Reggio Emilia


I.                  PENDAHULUAN
Usia dini merupakan masa golden ages, dimana 80% perkembangan otak anak mencapai sempurna. Pada masa ini anak harus distimulasi dengan baik untuk pengembangan kecerdasan jamaknya (multiple intellegency). Perkembangan dunia pendidikan mulai membuat  orang tua sadar akan pentingnya pendidikan anak sejak dini dan berbagai sekolah juga menerapkan berbagai model pendekatan pembelajaran untuk menarik perhatian anak. Salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah Pendekatan Reggio Emilia.
Pendekatan Reggio Emilia bagi pendidikan anak usia dini telah menarik perhatian pendidik, peneliti dan hampir siapa saja yang tertarik pada pendidikan anak usia dini dengan praktik yang  terbaik. Bahkan Asosiasi Internasional untuk Pendidikan Anak Usia Dini (NAEYC) telah merevisi dari praktik yang  sesuai dengan tahapan perkembangan (DAP).  Pedoman ini juga disertakan contoh-contoh dari pendekatan Reggio Emilia. Saat ini, Pendekatan Reggio Emilia telah diadopsi di Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, Australia dan banyak negara lainnya.
Pendekatan Reggio Emilia percaya bahwa anak-anak belajar melalui interaksi dengan orang lain, termasuk orangtua, staf dan teman-teman di lingkungan belajar yang ramah. Pendekatan melihat anak-anak memiliki sikap  kompeten, banyak akal, ingin tahu, imajinatif, inventif dan memiliki keinginan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain.


II.               PEMBAHASAN
a.                 Sejarah Reggio Emilia Approach
Metode atau pendekatan pendidikan, terutama untuk anak usia dini, yang berbeda dari pendekatan konvensional, yaitu Reggio Emilia Approach (REA). Pendekatan REA ini berkomitmen “menciptakan kondisi pembelajaran yang akan mendorong dan memfasilitasi anak untuk membangun kekuatan berpikirnya sendiri melalui penggabungan seluruh bahasa ekspresif, komunikatif, dan kognitifnya” (Edward & Forman, 1993). REA ini adalah sistem yang kompleks, namun sangat menarik perhatian dunia pendidikan anak usia dini selama 50 tahun terakhir. Pendekatan  Reggio Emilia dapat dipandang sebagai sumber atau  inspirasi untuk membantu pendidik, orang tua, dan anak-anak ketika mereka bekerja sama untuk mengembangkan program pendidikan mereka sendiri.
REA diciptakan oleh Loris Malaguzzi dan para orang tua di daerah sekitar Reggio Emilia di Italia setelah Perang Dunia II. Saat itu, karena jumlah angkatan kerja pria berkurang akibat perang, para wanita terpaksa menjadi tenaga kerja di pabrik-pabrik dan industri. Ditambah dengan kondisi penuh kehancuran, para orang tua merasa perlu ada pendekatan baru terhadap cara mengajar anak-anaknya. Para orang tua ini merasa bahwa pada tahun-tahun awal perkembangan anaknya-lah mereka membentuk diri mereka sebagai seorang individu. Berangkat dari pemikiran inilah lalu diciptakan sebuah program yang berprinsip rasa hormat, tanggung jawab dan kebersamaan melalui eksplorasi di dalam lingkungan yang suportif dan memperkaya minat anak.
        Loris Malaguzzi (1920-1994) mendirikan "Pendekatan Reggio Emilia ' di sebuah kota di Italia utara disebut Reggio Emilia. Pendekatan Reggio  Emilia ini dikembangkan untuk pengasuhan anak di kota dan program pendidikan melayani anak-anak dirancang untuk semua anak-anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Anak-anak dilihat memiliki sikap kompeten, berwawasan, ingin tahu, imajinatif, inventif dan memiliki keinginan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain.

b.                KURIKULUM
 Visi Reggio Emilia tentang anak sebagai pembelajar yang kompeten telah menghasilkan anak yang kuat yang diarahkan model kurikulum. Sebuah kurikulum yang  muncul adalah  salah satu yang dibangun berdasarkan  kepentingan anak-anak. Topik untuk studi ditangkap dari pembicaraan anak-anak, masyarakat atau keluarga melalui peristiwa, serta kepentingan yang diketahui anak-anak misalnya genangan air, bayangan, dinosaurus, dll. Tim perencanaan adalah komponen penting dalam membuat kurikulum. Guru bekerja sama untuk merumuskan hipotesis tentang kemungkinan arah dari suatu proyek, bahan-bahan yang diperlukan, dan mungkin orang tua dan / atau dukungan dan keterlibatan masyarakat.
        Kurikulum ini bertujuan untuk kemajuan
purposif tetapi kurang ruang lingkup dan urutan. Guru mengikuti kepentingan anak-anak dan tidak memberikan instruksi fokus dalam memberikan pengajaran. Pendekatan Reggio Emila memiliki keyakinan yang kuat bahwa anak-anak belajar melalui interaksi dengan orang lain, termasuk orangtua, staf dan teman-teman di lingkungan belajar yang ramah.
Anak-anak didorong untuk menggambarkan pemahaman mereka melalui salah satu dari bahasa simbolik, termasuk gambar, patung, bermain drama, dan menulis. Mereka bekerja bersama-sama menyelesaikan masalah-masalah yang timbul. Guru memfasilitasi dan kemudian mengamati perdebatan mengenai sejauh mana anak mampu menyelesaikan masalah. Revisi gambar (dan ide) dilakukan jika perlu, dan guru membiarkan anak-anak untuk mengulangi kegiatan dan memodifikasi setiap karya lain dalam tujuan kolektif pemahaman topik yang lebih baik. Guru terlibat dalam proses eksplorasi dan evaluasi, dan memperhatikan semua hasil perkembangan anak dalam menyelesaikan masalah sesuai pemahaman mereka.
Inti kurikulum Reggio Emilia adalah perencanaan proyek sebagai hasil dari ketertarikan anak pada suatu hal. Proyek ini tumbuh dari pengalaman pertama yang direncanakan oleh guru untuk membantu anak-anak mengeksplorasi adat budaya mereka atau lingkungan fisik sekitar mereka atau hasil dari kejadian spontan seperti ide anak atau pertanyaan pada guru. Hampir setiap pengalaman yang membangkitkan minat anak dapat menjadi dasar proyek. Proyek dilakukan secara mendalam dan mendetail, menggunakan variasi dalam metode penyelidikan dan sebuah gambaran pilihan dan sebuah bentuk grafik. Untuk melengkapi proses investigasi/penyelidikan melalui proyek jangka panjang ini adalah kreativitas anak dalam menggunakan bahan untuk menunjukkan dan mengkomunikasikan pembelajaran mereka, menggunakan “hundred languages”.
Pada setiap langkah aktivitas, guru-guru mengobservasi, mendiskusikan dan menafsirkan bersama hasil observasi mereka, yang selanjutnya membuat pilihan-pilihan baru untuk ditawarkan pada anak-anak. Dengan mendiskusikan dalam kelompok dan menilik ulang pengalaman-pengalama dan ide-ide anak-anak akan tumbuh dengan pemahaman mereka.
(Dengan catatan bahwa banyak hal terjadi di dalam kelas selain mengerjakan proyek, sementara proyeknya sendiri memerlukan sebagian waktu dalam sehari. Waktu lain dihabiskan dalam aktivitas prasekolah tradisional, misalnya permainan dramatik dalam ruang realistik, permainan balok, waktu membaca, menulis, bermain dengan penuh semangat, tanggung jawab di sekolah dan hanya berbicara dengan teman-teman).

·      Dukungan dan keterlibatan orang tua
Reggio Emilia menganggap anak-anak adalah bagian penting dari masyarakat. Keterlibatan masyarakat juga tampak dalam keanggotaan komite sekolah yang memberikan pengaruh signifikan pada kebijakan pemerintah daerah.
Orangtua sebagai 'cermin peran masyarakat’, baik di seluruh sekolah maupun tingkat kelas. Orang tua diharapkan ikut berperan dalam diskusi tentang kebijakan sekolah, perkembangan anak, kurikulum perencanaan dan evaluasi. Karena mayoritas orang tua bekerja pada siang hari, pertemuan diadakan di malam hari sehingga semua dapat ikut berpartisipasi.

Beberapa fitur kunci dari awal masa kanak-kanak dalam program Reggio Emilia:
1.    Peran sebagai lingkungan sebagai guru ketiga
a.    Dalam pendekatan Reggio Emilia, para pendidik sangat perhatian tentang apa yang ada di lingkungan sekolah mereka dan dalam mengajar anak-anak. Oleh karena itu, perhatian yang sangat besar diberikan untuk tampilan dan nuansa ruang kelas. Hal ini sering mengacu pada lingkungan sebagai “guru ketiga ".
b.    Keindahan estetika dalam kelas-kelas dianggap sebagai bagian penting sebagai wujud menghargai anak dan lingkungan belajar mereka.
c.    Suasana kelas yang suka cita.
d.   Guru mengatur lingkungan yang mengundang anak-anak untuk melakukan eksplorasi yang panjang dan pemecahan masalah, dibuat dalam kelompok kecil, dimana terdapat kerjasama dan kompetisi.
e.    Dokumentasi pekerjaan anak-anak, tanaman, dan koleksi yang telah mereka buat dipajang dalam kelas.

2.    Beberapa bahasa simbolis anak
a.    Seni digunakan sebagai bahasa simbolis yang akan digunakan untuk mengekspresikan pemahaman mereka dalam proyek yang mereka kerjakan.
b.    Sesuai dengan teori Howard Gardner tentang kecerdasan majemuk, pendekatan Reggio Emilia menggunakan integrasi seni grafis sebagai alat untukpengembangan kecerdasan linguistik, sosial, dan kognitif.
c.    Presentasi konsep dan hipotesis dalam beberapa bentuk seperti cetak, seni, konstruksi, drama, musik, dilihat sebagai hal yang penting untuk pemahaman anak-anak.

3.    Dokumentasi sebagai penilaian dan advokasi
a.    Mendokumentasikan dan menampilkan proyek kerja anak-anak, yang diperlukan untuk anak-anak untuk mengekspresikan, membangun, dan merekonstruksi perasaan mereka, ide-ide dan pemahaman.
b.    Serupa dengan pendekatan portofolio, dokumentasi pekerjaan anak dalam proses perkembangan dipandang sebagai alat penting dalam proses pembelajaran untuk anak-anak, guru, dan orangtua.
c.    Gambar anak-anak terlibat dalam pengalaman, kata-kata mereka saat mereka mendiskusikan apa yang mereka lakukan, perasaan, pemikiran, penafsiran pengalaman anak-anak melalui media visual ditampilkan sebagai presentasi grafik dinamika pembelajaran.
d.   Guru bertindak sebagai perekam (documenters) untuk anak-anak, membantu mereka menelusuri dan meninjau kembali kata-kata dan tindakan dan dengan demikian menunjukkan apa yang telah mereka pelajari.

4.    Proyek jangka panjang
a.    Mendukung dan memperkaya anak-anak melalui proyek jangka pendek (satu minggu) dan jangka panjang (sepanjang tahun sekolah), di mana dalam mengerjakan proyek ini anak akan merespons, direkam, bermain, mengeksplorasi, membangun dan menguji hipotesis, dan memprovokasi apa yang terjadi.
b.    Proyek yang berpusat pada anak, mengikuti minat mereka, akan menambah wawasan baru.
c.    Selama proyek berlangsung, guru membantu anak-anak membuat keputusan tentang arah penelitian, cara-cara grup akan melakukan riset terhadap topik, media representasi yang akan menunjukkan dan menampilkan topik.

5.    Guru sebagai peneliti
a.    Peran guru dalam pendekatan Reggio Emilia sangat kompleks. Bekerja sebagai wakil guru, peran yang pertama dan utama adalah belajar bersama anak-anak. Guru adalah peneliti, sumber daya dan panduan saat guru meminjamkan keahlian kepada anak-anak.
b.    Peran guru menjadi pendidik yang mendengarkan, mengamati, dan mendokumentasikan pekerjaan dan pertumbuhan anak-anak di dalam kelas dan menstimulasi pemikiran anak-anak.
c.    Guru memiliki komitmen untuk merefleksikan bagaimana akan mengajar.
d.   Di kelas, guru bekerja berpasangan dan kolaborasi, berbagi informasi dan mentoring antara personil.

6.    Hubungan Rumah dengan Sekolah
a.    Anak-anak, guru, orang tua dan masyarakat yang interaktif dan bekerja sama.
b.    Komunikasi dan interaksi dapat memperdalam penyelidikan anak-anak dan membangun teori tentang dunia di sekitar mereka
c.    Program dalam pendekatan Reggio Emilia adalah berpusat pada keluarga. Visi dari pendidikan "didasarkan pada hubungan" yang berfokus pada setiap anak dalam kaitannya dengan orang lain dan berusaha untuk mengaktifkan dan mendukung hubungan timbal balik anak-anak dengan anak lain, keluarga, guru, masyarakat, dan lingkungan.

C. PRINSIP PEMBELAJARAN
Pendidikan didasarkan pada komunikasi dalam hubungan guru-guru, anak-anak, guru-anak, orangtua-anak, orangtua-guru dan orangtua-orangtua. Hal ini menciptakan lingkungan belajar yang sangat kaya bagi semua pihak yang terlibat. Dalam pendekatan Reggio Emilia, guru adalah seorang peneliti dan sekolah dipandang sebagai tempat-tempat penelitian yang partisipasi dan berbagi konstruksi nilai dan makna.
Pendekatan  Reggio Emilia banyak diadopsi sebagai program pra-sekolah. A. Prinsip-prinsip Reggio Emilia yang berpusat pada anak antara lain :
1.      Anak-anak harus memiliki kontrol atas arah belajar mereka;
2.      Anak-anak harus dapat belajar melalui pengalaman menyentuh, bergerak, mendengarkan,  melihat, dan mendengar;
3.      Anak-anak memiliki hubungan yang dekat dengan anak-anak lain
4.      Anak-anak harus memiliki kesempatan untuk mengekspresikan diri.

B. Pendekatan Reggio Emilia memperhatikan perkembangan anak-anak dan hubungannya dengan lingkungan mereka yang dibaagi menjadi dua yaitu :.
a.        Peran lingkungan fisik
Tujuan utama dalam perencanaan ruang baru dan renovasi yang lama mencakup integrasi dari masing-masing kelas dengan seluruh sekolah, dan sekolah dengan masyarakat sekitar. Pentingnya lingkungan hidup terletak pada keyakinan bahwa anak-anak dapat menciptakan makna terbaik dan memahami dunia mereka melalui lingkungan yang mendukung; kompleks, bervariasi, berkelanjutan, dan mengubah hubungan antara orang-orang, dunia pengalaman, ide-ide dan banyak cara untuk mengungkapkan ide.
Ruang/tempat yang digunakan dan segala sesuatu  harus bisa menarik dan mengundang minat anak namun tetap mengandung unsur pendidikan. Anak dan orang tua juga bekerja sama untuk mengumpulkan dan mengelola bahan-bahan main di sekitar lingkungan yang akan digunakan.
b.        Peran lingkungan sebagai guru
 Dalam REA, para pendidik sangat memperhatikan lingkungan sekolah karena lingkungan sekolah ini juga berperan “mendidik” para siswa. Penampilan dan nuansa kelas pun akhirnya menjadi prioritas tersendiri pula. Bahkan, lingkungan sekolah sering disebut sebagai “guru ketiga”.. Keindahan lingkungan di dalam sekolah dianggap sebagai bagian penting dari rasa hormat kepada siswa dan lingkungan belajar mereka.
Nuansa di dalam kelas dibuat ceria dan penuh dengan kegembiraan.. Guru mengatur agar lingkungan belajar memancing dan menantang siswa dalam eksplorasi dan pemecahan masalah, biasanya dalam kelompok-kelompok kecil di mana kerjasama dan perbedaan pendapat berbaur namun tetap menyenangkan. Hasil karya siswa, atau tanaman yang mereka tanaman, atau koleksi barang yang dikumpulkan siswa dari alam ditampilkan di kelas dan lingkungan sekolah agar bisa dilihat oleh siswa, guru dan orang tua. Terdapat area bersama / serba guna di sekolah yang dapat digunakan oleh para siswa untuk berbagai kegiatan seperti pementasan drama atau hanya berkumpul dengan siswa dari kelas lain untuk belajar bersama.

C. Orang tua merupakan komponen vital dalam pendekatan ini. Orang tua dipandang sebagai mitra, kolaborator dan advokasi untuk anak-anak mereka. Guru menghormati setiap orang tua sebagai guru pertama dan melibatkan orang tua dalam setiap aspek kurikulum. Hal ini dapat terlihat melalui partisipasi orang tua di dalam kelas. Program Reggio Emilia menggabungkan prinsip-prinsip dalam mengasuh anak dan kehidupan rumah.

v  Peranan Guru dalam Pendekatan Reggio Emilia :
a)      Membangun pengetahuan dan pemahaman anak.
b)      Mendorong agar anak mengeluarkan ide-ide, cara pemecahan masalah dan konflik.
c)      Guru didorong untuk memfasilitasi anak belajar dengan kegiatan perencanaan dan pelajaran berdasarkan kepentingan anak, mengajukan pertanyaan untuk lebih memahami, dan secara aktif terlibat dalam kegiatan bersama anak, bukannya duduk diam dan mengamati anak belajar.
d)     Mengatur kelas dan benda-benda yang ada di kelas agar menjadi tempat yang menyenangkan.
e)      Mengatur jenis barang-barang di kelas agar dapat membantu anak membuat keputusan mengenai benda-benda yang akan digunakan.
f)       Mendokumentasikan perkembangan anak melalui visual, videotape, tape recorder, dan portfolio.
g)      Ketika bekerja pada proyek-proyek dengan anak, guru juga dapat memperluas anak belajar dengan mengumpulkan data seperti foto, catatan, video, dan percakapan yang dapat diputar ulang di lain waktu
h)      Membantu anak melihat hubungan yang ada antara pembelajaran dan pengalaman yang didapatnya.
i)        Guru perlu untuk mempertahankan aktif, saling partisipasi dalam kegiatan untuk membantu memastikan bahwa anak memahami dengan jelas apa yang sedang "diajarkan".
j)        Membantu anak mengekspresikan pengetahuan yang mereka dapatkan atau miliki melalui bentuk-bentuk presentasi.
k)      Membentuk hubungan yang baik dengan guru-guru lainnya dan para orang tua.

v  Tujuan Pembelajaran dalam Pendekatan Reggio Emilia :
a)      Mengkomunikasikan kekuatan ide-ide dan hak-hak anak, potensi, dan sumber-seumber yang seringkali terabaikan.
b)      Mempromosikan studi, penelitian, eksperimen dalam pembelajaran dengan konteks pembelajaran yang aktif, konstruktif dan kreatif.
c)      Meningkatkan profesionalisme guru, mendukung suatu kesadaran yang tinggi terhadap nilai-nilai kerjasama dan kebermaknaan hubungan antara anak dan keluarganya.
d)     Menjadikan topik utama dari nilai-nilai penelitian, observasi, interpretasi dan dokumentasi dari pengetahuan yang dibangun dari proses berpikir anak.
e)      Mengorganisasikan kunjungan terbimbing ke dalam program pendidikan, pameran budaya, seminar, dan kursus-kursus dalam issue pendidikan dan budaya anak usia dini

v  Struktur Program
Tidak semua anak diharapkan melakukan hal yang sama dan keaslian merekalah yang dinilai. Mereka bekerja dalam kelompok-kelompok kecil, sendiri, di dalam atau di luar, atau di tengah ruangan atau di serambi.
      Di lingkungan prasekolah, anak-anak dibagi dalam kelas-kelas. Satu kelas terdiri dari 25 anak dengan 2 guru pendamping. Kelompok ini terdiri dari anak-anak, guru-guru, dan keluarganya yang terlibat bersama untuk 3 tahun masa sekolah. Kenaikan tingkat kelas setiap tahunnya sesuai dengan kebutuhan anak yang semakin bertambah dan berdasar pada ketertarikan anak.
      Ketika pengerjaan proyek berkembang, guru-guru berhati-hati dalam membuat kelompok-kelompok kecil, biasanya tidak lebih dari 5 AUD. Mereka percaya bahwa bekerja dalam kelompok kecil mengijinkan anak-anak untuk mengerti ritme dan gaya berkomunikasi. Konflik yang terjadi tanpa kawan sebaya—perlawanan, negoisasi, rekonstruksi ide-ide dan hipotesis-hipotesis—terlihat tidak hanya sebagai kegiatan belajar sosialisasi tapi sebagai sebuah bagian mendasar dari proses kognitif.

v  Penataan kelas :
Banyak perhatian dicurahkan untuk tampilan dan nuansa kelas dalam pendekatan Reggio Emilia. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, di mana anak-anak, keluarga dan guru merasa dimengerti dan santai. Lingkungan dipandang sebagai unsur penting dari pendidikan dan merupakan cerminan dari budaya sekolah dari waktu ke waktu. Fokus pada lingkungan mewakili/merupakan cerminan nilai-nilai estetika, organisasi, perhatian, provokasi, komunikasi dan interaksi.
Atelier
Salah satu inovasi utama dari pendekatan Reggio Emilia adalah Atelier, sebuah studio dan laboratorium sekolah. Atelier adalah tempat untuk bereksperimen dengan bahasa visual tertentu atau pun gabungan, dengan atau tanpa kombinasi dengan bahasa verbal. Ada mini-ateliers di sebelah setiap kelas, yang digunakan untuk proyek-proyek ekstensi. Ateliers ini dilengkapi dengan tanah liat, kawat, cat, pena, kertas, manik-manik, kerang dan berbagai bahan daur ulang alami yang digunakan oleh anak-anak dalam jangka pendek maupun proyek-proyek jangka panjang dengan tujuan untuk mengekspresikan "seratus bahasa" anak-anak .
            Inti dari penataan kelas Reggio Emilia adalah proses belajar dilakukan dalam suasana bermain yang menyenangkan,  tanpa tekanan dan paksaan,  dan anak-anak berada dalam lingkungan eksplorasi yang sangat kaya. Mereka menjadi seniman, ahli sejarah, peneliti, dan lain-lain, kegiatan yang membuktikan bahwa sebenarnya – bila diberi kesempatan para balita kita akan menunjukkan “kejeniusan” mereka.

KESIMPULAN
Inti kurikulum Reggio Emilia adalah perencanaan proyek sebagai hasil dari ketertarikan anak pada suatu hal. Proyek ini tumbuh dari pengalaman pertama yang direncanakan oleh guru untuk membantu anak-anak mengeksplorasi adat budaya mereka atau lingkungan fisik sekitar mereka atau hasil dari kejadian spontan seperti ide anak atau pertanyaan pada guru.
Prinsip pembelajaran Reggio Emilio terdiri dari 3 pokok, yaitu:
1)   Pendidikan yang berpusat pada anak
2)   Memperhatikan perkembangan anak-anak dan hubungannya dengan lingkungan mereka yang dibagi menjadi dua yaitu :.
a)        Peran lingkungan fisik
b)        Peran lingkungan sebagai guru
3)   Orang tua merupakan komponen vital dalam pendekatan Reggio Emilia
Dalam  penataan kelas yang berbasis Reggio Emilia adalah proses belajar dilakukan dalam suasana bermain yang menyenangkan,  tanpa tekanan dan paksaan,  dan anak-anak berada dalam lingkungan eksplorasi yang sangat kaya. Mereka menjadi seniman, ahli sejarah, peneliti, dan lain-lain kegiatan yang membuktikan bahwa sebenarnya – bila diberi kesempatan para balita kita akan menunjukkan “kejeniusan” mereka.

Daftar Pustaka
http://en.wikipedia.org/wiki/Reggio_Emilia_approach

1 comment:

  1. Tks mbak..
    sangat membantu. saya ijin dipakai bahan presentasi

    ReplyDelete