Tuesday 26 June 2012

Ringkasan Teori Perkembangan Kognitif oleh Vygotsky

Berikut ini adalah ringkasan teori yang disampaikan oleh Vygotsky tentang perkembangan kognitif. Ringkasan ini kudapat dari beberapa kuliah di prodi PG-PAUD yang membahas tentang teori perkembangan kognitif yang disampaikan oleh Vygotsky.

Pandangan Vygotsky :
-> setuju dengan Piaget bahwa perkembangan kognitif terjadi secara bertahap dan dicirikan dengan gaya berpikir yang berbeda-beda

-> ketrampilan-ketrampilan dalam keberfungsian mental berkembang melalui interaksi sosial langsung, yang biasa disebut sebagai sosiokultural

-> anak-anak dibantu berkembang dengan bimbingan dari orang-orang yang sudah terampil dalam bidangnya masing-masing, yang biasanya disebut sebagai scaffolding

-> adanya jarak antara actual development dengan potential development, yaitu antara apakah seorang anak dapat melakukan sesuatu tanpa bantuan orang dewasa dan apakah seorang anak dapat melakukan sesuatu dengan arahan orang dewasa atau kerja sama dengan teman sebaya. Jarak kedua perkembangan ini disebut ZPD (Zone of Proximal Development). ZPD pada interaksi sosial akan dapat memudahkan perkembangan anak.

Berikut ini disampaikan implikasi secara konkret teori tersebut dalam pembelajaran :
-> Anak dilibatkan dalam pembelajaran aktif dan guru secara aktif mendampingi setiap kegiatan anak-anak (anak bekerja dalam ZPD, guru menyediakan scaffolding).

-> Anak-anak dilibatkan dalam kelompok yang melakukan suatu kegiatan / proyek bersama, dan guru tetap aktif mendampingi / menyediakan scaffolding.

-> Anak dilibatkan dalam interaksi sosial secara langsung (seperti point sebelumnya).

-> Mengamati sifat-sifat yang muncul dari diri anak saat terlibat dalam kelompok dan saat diberi bimbingan dari guru atau teman sebayanya yang lebih dulu mampu. Setelah kegiatan selesai dilakukan, guru bersama dengan anak-anak menarik kesimpulan bersama dari hasil kegiatan / proyek dengan terlebih dahulu meminta anak menceritakan apa saja yang telah dilakukannya dalam kegiatan / proyek tersebut.

No comments:

Post a Comment