Thursday 21 June 2012

Sedikit Cerita

Kemarin sedikit ngobrol dengan Bapak tentang cetak buku. Awalnya aku cerita bahwa ternyata di Bambang Lipuro, Bantul juga ada percetakan. Aku tahu saat melihat-lihat buku anak di toko buku kemarin. Berhubung aku juga ingin punya buku karya sendiri yang isinya khusus untuk bacaan anak, aku mampir ke rak buku anak sekedar mencari percetakan dan penerbit mana yang kebanyakan menerbitkan buku untuk anak. Dan kutemukan satu diantaranya ternyata berada di kecamatan tetanggaku. Aku bilang hal ini ke Bapak, dan Bapak bilang kalau sekarang ini sangat mudah menerbitkan buku sendiri. Tinggal tulis, cetak di percetakan, kopi sendiri, lalu distribusikan sendiri. Percetakan besar seperti Gramedia tak hanya mencetakkan buku tetapi juga mendistribusikannya. Tapi, bila memang ingin mencetak buku tapi belum tahu jasa pendistribusiannya lewat mana, bisa dilakukan sendiri.

Kemudian aku tanya pada Bapak bagaimana dengan masalah hak cipta tulisan (Bapakku juga sudah membuat satu judul buku sesuai dengan mata kuliah yang diampu, jadi aku pikir Bapakku tak terlalu gagap masalah percetakan begini). Bapak bilang bahwa hak cipta berupa tulisan itu sulit didapat. Kupikir-pikir benar juga adanya. Ide tulisan itu sangat mudah didapat dari inspirasi yang kita dapat setelah membaca suatu karya. Jadi pasti sulit mendapatkan hak cipta dan sulit untuk melindunginya. Kecuali tulisan ilmiah berupa penemuan baru kurasa.

Sejak itu aku tak ragu lagi memposting karyaku di blog. Aku pikir, pasti sangat menyenangkan bila tulisan kita mendapat banyak tanggapan dan sambutan baik bahkan bila bisa  sampai menginspirasi orang yang membacanya. Aku harap karyaku dapat bermanfaat, ya walaupun mungkin masih sekedar untuk menghibur ^^.
Aku sedang dalam proses menulis cerita untuk anak. Baru dapat dua cerita, tapi sudah banyak dapat judul. Aku berharap bisa mencetaknya, lalu mendistribusikannya untuk TK-TK yang ada di sekitar tempat tinggalku. Masalahnya satu, aku ingin memberi ilustrasi tapi aku tak tahu bagaimana caranya. Aku harap dapat segera mendapat bantuan. Mohon doa dan dukungannya ya ^^

No comments:

Post a Comment